16 June 2016

Jurusan Fisioterapi di UMM

Posted by Firda Yuliatis Shaleha under: Uncategorized .

Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis, dan mekanis), pelatihan fungsi, komunikasi. (Kepmenkes RI No. 1363/MENKES/SK/XII/2001).

Kondisi riil di lapang sampai saat ini jumlah dan mutu lulusan strata-1  fisioterapis masih sangat dibutuhkan, sehingga mampu memainkan peran strategisnya dalam menghadapi era globalisasi. Salah satu faktor keberhasilan pencapaian sasaran di era globalisasi adalah menuntut lebih banyak kemampuan dibidang pelayanan kesehatan. Oleh karena itu penyelenggaraan Program Studi S1 Fisioterapi merupakan salah satu pilihan penting yang dapat dijadikan salah satu pemecahannya.

Menyadari masih terbatasnya jumlah maupun kualitas lulusan strata-1 Fisioterapi dan bertolak dari kesadaran maupun tanggung jawab dalam ikut membangun sumber daya manusia Indonesia, maka Universitas Muhammadiyah Malang dengan ini mengusulkan penyelenggaraan Program Fisioterapi.

Program Studi Fisioterapi berdiri berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68/E/O/2012 yang ditetapkan pada tanggal 1 Maret 2012 tentang penyelenggaraan program S1 Fisioterapi pada Universitas Muhammadiyah Malang.
Program Studi Fisioterapi berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Kesehatan dan merupakan program studi ke-44 yang dimiliki UMM. Prodi Fisioterapi memiliki slogan “Membentuk Fisioterapis Handal dan Islami dengan Kurikulum yang Berkarakter”. Program Studi Fisioterapi ditempuh selama 8 semester atau 4 tahun dengan bobot total 144 SKS.

Sumber: klik disini

Leave a Reply