15 June 2016

Budaya, Makanan dan Ciri Khas Madura

Posted by Firda Yuliatis Shaleha under: Uncategorized .

BUDAYA

BrangKarapan-Sapikat dari ketekunan bagaimana cara membajak sapinya bekerja ,mengolah tanah persawahan, ternyata berhasil dan tanah tandus pun berubah menjadi tanah subur.Melihat gagasan bagus dan membawa hasil positif, tentu saja warga masyarakat desa mengikuti jejak Pangerannya. Akhirnya tanah di seluruh Pulau Sapudi yang semula gersang, menjadi tanah subur yang bisa ditanami padi. Hasil panenpun berlimpah ruah dan jadilah daerah yang subur makmur.

 

 

MAKANAN631_Apem-Madura-5

 Kue Apen adalah jajanan khas Madura khususnya di Sumenep. Kue Apen sangat digemari oleh masyarakat Sumenep. Kue ini sangat cocok dimakan untuk sarapan pagi. Selain mengenyangkan, Apen juga menyehatkan lho.

Dimana bahan-bahannya terbuat dari tepung beras, santan, ragi dan kelapa. Sementara sausnya berbahan gula merah, jahe, kayu manis dan daun pandan yang membuat harum. Selain rasanya nikmat, kue Apen di percaya dapat menghilangkan rasa letih setelah bekerja seharian lantaran kandungan gula merah, jahe dan kayu manis, yang mana  berfungsi untuk menghangatkan badan.

CIRI KHAS

Bahasa Madura juga mempunyai dialek-dialek yang tersebar di seluruh wilayah Madura. Di cluritPulau Madura sendiri pada galibnya terdapat beberapa dialek seperti dialek Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep dan Kangean. Dialek yang dijadikan acuan standar Bahasa Madura adalah dialek Sumenep, karena Sumenep di masa lalu merupakan pusat kerajaan dan kebudayaan Madura,bahasa madura bagian timur yaitu sumenep memiliki ciri khas bahasa yg halus.

Leave a Reply